Apa yang Dimaksud dengan Logo dan Jenisnya?

Apa yang Dimaksud dengan Logo dan Jenisnya?

Logo. Anda mungkin kerap mendengar kata Logo. Namun, tahukah Anda, apa yang dimaksud dengan logo?

Bisa dikatakan jika logo adalah identitas visual akan entitas dengan kriteria khusus. Kriteria tersebut mencakup bentuk, warna dan filosofi.

Deskripsi Logo yang Perlu Diketahui

Jika ada pertanyaan, “Apa yang dimaksud dengan logo?” maka Anda bisa menjawab identitas visual akan entitas dengan kriteria khusus.

Logo sendiri bisa dikatakan sebagai tulisan, gambar, sketsa dengan makna tertentu dan mewakili suatu identitas. Identitas tersebut bisa jadi identitas brand, perusahaan, komunitas ataupun tempat.

Logo sendiri berasal dari kata logos. Dalam bahasa Yunani Kuno, arti logos adalah pikiran, kata, budi, akal, pembicaraan.

Logo juga diambil dari kata logotype (1810-1840) dan berarti tulisan nama entitas yang dibuat khusus dengan teknik lettering menarik. Maka dari itu, logo yang dibuat memiliki filosofi tersendiri untuk menciptakan sifat yang mandiri.

7 Jenis Logo yang Wajib Diketahui

Jika Anda hendak belajar cara belajar desain logo, maka Anda harus tahu lebih dahulu jenis logo yang ada. Tujuannya, agar Anda bisa membuat logo yang lebih bervariasi dan tidak terpaku hanya dengan 1 jenis atau tampilan logo saja.

Setidaknya ada 7 jenis logo yang perlu Anda tahu, yaitu:

  • Letter Mark

Letter mark merupakan logo monogram yang menuliskan atau menggambarkan nama dengan menggunakan inisialnya saja. Umumnya, logo jenis ini hanya memiliki 2-4 huruf saja. Dengan begitu, logo akan mudah diingat masyarakat.

  • Wordmark

Hampir sama dengan lettermark, bedanya, wordmark menggunakan tulisan sesuai brand dan tanpa disingkat. Misalnya SilverQueen.  

Apa yang Dimaksud dengan Logo dan Jenisnya?
Apa yang Dimaksud dengan Logo dan Jenisnya?

Umumnya, jenis logo wordmark digunakan untuk brand atau produk yang tidak terlalu panjang. Dengan begitu, brand akan mudah diingat.

  • Pictorial Mark

Logo pictorial mark menggunakan icon dengan hiasan desain grafis. Icon inilah yang menjadi identitas atau biasanya identic dengan brand tertentu. Misalnya Nike, Twitter, Apple.

  • Abstrak

Sesuai namanya, logo abstrak menggunakan grafis dengan bentuk geometris acak. Jenis ini cocok untuk jenis brand yang mewakili bisnis secara menyeluruh. Misalnya, Adidas, Pepsi.

  • Mascot

Logo mascot menggunakan gambar maskot brand di bagian logonya. Karakter ini bisa dibuat sendiri, bisa pula grafis dari pendirinya.

Umumnya, logo mascot menggunakan warna ceria dan cerah. Walaupun begitu, warna bisa disesuaikan dengan brand yang diangkat. Misalnya,  Hoka-Hoka Bento dan KFC.

  • Kombinasi

Logo kombinasi adalah gabungan antara font dan gambar. Dengan begitu logo akan terlihat menarik dan contohnya yaitu Doritos, Burger King.

  • Lambang

Logo lambamng menggunakan ikon atau symbol dalam bentuk lencana dari brand tertentu. Umumnya, pengguna logo lambang adalah warna dari organisasi, industri otomotif, komunitas, sekolah. Contohnya, yaitu Harley Davidson, BMW.

Dari deskripsi apa yang dimaksud dengan logo bisa disimpulkan bahwa logo adalah identitas visual akan entitas dengan kriteria khusus.