Bagaimana Tips Membuat Struktur Website yang Baik?

Bagaimana Tips Membuat Struktur Website yang Baik?

Ketika membuat website, Anda tidak bisa sembarangan dalam membuat karena bisa berpengaruh pada optimasi SEO-nya. Maka dari itu, Anda perlu membuat struktur website yang baik.

Masalahnya, bagaimana caranya?

Nah, jika Anda bingung, ada beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan untuk membuat struktur website yang baik.

  • Ketahui Struktur yang Akan Dibangun

Dalam membuat website, akan lebih baik jika Anda tahu kerangka atau navigasi dari situs website. Tujuannya agar website menjadi lebih mudah untuk dimengerti.

Lalu, seperti apa susunan atau struktur website tersebut? menurut Hadi Sutopo yang dilansir di https://www.dewaweb.com/blog/kriteria-desain-web-seo-friendly/, ada 4 struktur website, yaitu:

  1. Linear.
  2. Hierarki.
  3. Spoke and hub.
  4. Full web model.

Selain 4 struktur di atas, ada pula Silo Struktur untuk optimasi SEO. Anda bisa memilih salah satu struktur tersebut dan mengaplikasikannya ke website Anda.

  • Gunakan UX

Siapa bilang user experience itu tidak berguna. Justru, dari UX inilah Anda bisa membuat website dengan struktur yang baik. Semakin baik UX-nya maka akan semakin baik pula websitenya.

Hal inilah yang dipertimbangkan oleh pembuat website seperti https://www.sribulancer.com/id/cat/jasa-pembuatan-website agar websitenya semakin baik.

Namun, apa itu UX pada website?

UX ini merangkum bagaimana pengunjung website melakukan interaksi dengan website Anda. Jika Anda belum punya website dan ingin memulai dari nol, Anda bisa menganalisa lewat website lain.

Dari analisis tersebut, Anda bisa membuat website dengan baik. Mulai dari tampilannya, layout, hingga navigasi yang digunakan di website tersebut.

  • Buat Layout yang Sederhana tapi Menarik
Bagaimana Tips Membuat Struktur Website yang Baik?
Bagaimana Tips Membuat Struktur Website yang Baik?

Sebagus apapun struktur tanpa tampilan yang menarik akan membuat orang enggan berkunjung. Ibarat kata, layout adalah casing dari website. Jadi, sebisa mungkin, layout harus terlihat menarik.

Menarik dalam hal ini bukan berarti harus berwarna-warni. Namun, Anda perlu menyesuaikan antara website dengan tampilannya.

Buat agar tampilan atau layout website ini adalah gambaran dari website tersebut. Jadi, orang yang melihat akan tahu korelasinya dan nyaman saat menggunakan website tersebut.

  • Buat yang User Friendly

Kan Anda sudah mendapatkan data atau melakukan analisa terkait user experience. Dari sini, Anda bisa membuat website dengan tampilan yang user friendly.

User friendly dalam hal ini berkaitan dengan kemudahan visitor saat menggunakan website Anda. Jika website Anda susah untuk dikelola, maka visitor akan bingung dan akhirnya keluar dari website tersebut.

Sebaliknya, jika website mudah untuk digunakan, maka  visitor akan merasa nyaman, walaupun belum pernah menggunakan website tersebut.

  • Buat Konten yang Berkualitas

Agar visitor kembali lagi ke website Anda dan menarik visitor baru, maka Anda harus membuat konten yang berkualitas. Berkualitas dalam hal ini adalah konten tersebut dibutuhkan pembaca, mudah dimengerti dan enak untuk dipahami.

Dengan tips tersebut, setidaknya Anda bisa membuat struktur website yang baik untuk memaksimalkan penggunaan website. 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.