Hal Ini Wajib Dilakukan Saat Mengalami Kendala Penulisan

Hal Ini Wajib Dilakukan Saat Mengalami Kendala Penulisan

Kendala dalam menulis artikel acap kali menjadi momok utama bagi seorang penulis. Tak jarang penulis profesional sekalipun akan merasa kesulitan bila kendala ini datang menghampiri sehingga otak harus diperas habis-habisan untuk menghasilkan sebuah ide akan tetapi daya kemampuan berpikir sedang berada di ujung tanduk.

Menghadapi kendala dalam menulis artikel memang perlu menjadi perhatian utama bagi seorang freelance writer. Sikap profesional memang sangat dibutuhkan di bidang kreatif serta pelaku dituntut untuk selalu berinovasi. Di sisi lain, sering kali ide dalam kepala sedang tersendat jadi wajar saja jika seorang penulis mengalami kemacetan dalam menuangkan gagasan.

Secara umum setiap adanya kendala yang dialami pasti ada solusi yang mengiringi hanya saja diperlukan kemampuan untuk melihat secara lebih luas. Kendala dalam menulis artikel bagi beberapa penulis dapat memicu gangguan emosi buruk seperti kegelisahan. Oleh karena itu diperlukan kesadaran untuk kembali ke titik nol. Dengan begitu, Anda akan menemukan solusi.

Apa Saja yang Menjadi Kendala Dalam Menulis Artikel?

Secara umum penulis akan menghadapi beberapa kendala seperti:

  1. Rasa malas

  2. Writer’s Block atau kemacetan gagasan

  3. Kehabisan ide

Bagaimana Solusi Bagi Penulis yang Kesulitan Menulis Artikel?

Tentu saja sebuah permasalahan tidak akan selesai dengan sendirinya jika tidak lekas dicari jalan keluarnya. Berikut beberapa tips untuk mengatasi kesulitan dalam menghasilkan sebuah artikel:

Temukan Permasalahan

Menyadari adanya permasalahan saat menulis artikel merupakan langkah awal yang bagus untuk menelisik faktor penyebab. Biasanya penulis akan kebingungan untuk memulai sebuah tulisan atau berhenti ditengah-tengah karena kehabisan ide. Setelah menggali inti permasalahan, Anda bisa menguraikannya sambil melakukan introspeksi diri. Jika berhasil melalui tahap ini, ketegangan pikiran akan berkurang sekaligus membuat Anda menjadi lebih solutif dalam menghadapi kemacetan berpikir.

Mengendalikan Diri dari Rasa Malas

Rasa malas sering kali menjadi kendala umum yang dihadapi banyak orang, sehingga solusi yang tepat adalah melakukan pengendalian diri. Berikan motivasi pada diri Anda agar bisa mendorong diri untuk mencari referensi sebanyak-banyaknya. Semakin banyak referensi yang didapat akan berpengaruh besar pada kualitas tulisan. Jadi usahakan Anda memiliki target tersendiri dalam mengumpulkan sumber referensi sebagai data pendukung artikel.

Mengasah Tulisan

Kendala dalam menulis artikel dapat ditangani bila Anda bisa mempertahankan skill konsisten mengasah tulisan. Disamping melakukan langkah pencarian referensi, Anda harus mengimbanginya dengan latihan menulis secara berkala. Sedangkan kurangnya latihan menulis akan menghasilkan kalimat yang terkesan lebih kaku. Anda tidak harus menulis artikel yang panjang, tetapi bisa dengan membuat artikel pendek sebagai bentuk latihan.

Kosongkan Gelas

Krisis ide menjadi faktor paling umum pada kendala dalam menulis artikel bagi seorang penulis. Ketika Anda haus akan ide baru, Anda bisa mengunjungi tempat ternyaman untuk mencari inspirasi atau kumpul bersama orang lain untuk berbagi cerita. Meluapkan keresahan dalam diri ibarat mengosongkan gelas, kemudian diisi lagi dengan bergantian mendengarkan cerita dari lawan bicara. Tak jarang sebuah ide akan terlahir dari pikiran orang lain. Sebab sejatinya ide bisa didapatkan dari siapa saja dan dimana saja.

Kendala dalam menulis tak jarang membuat penulis menyudahi ide yang sebelumnya sudah terpikirkan dan memulai dengan ide baru. Hal itu berdampak buruk pada pikiran Anda sehingga semakin bertumpuk pula gagasan-gagasan baru yang tidak terselesaikan. Akan tetapi Anda dapat mengatasi kendala tersebut dengan mengendalikan diri serta bersabar pada setiap prosesnya. Dibutuhkan perencanaan yang tepat untuk membangkitkan keinginan menulis agar kedepannya Anda dapat mengatasi berbagai macam kendala ketika menulis artikel.