Halaman Awal Google

Di era digital seperti saat ini, semua orang dapat mengakses internet dengan mudah. Berbagai informasi bisa diperoleh melalui berbagai website, blog seperti Xpskin Blog. Lalu mesin berbagai mesin pencari seperti Yahoo!, Bing, hingga Google sangatlah membantu. Beberapa dari kita tentunya sangat sering mencari suatu topik melalui Google. Bahkan muncul kalimat “Google tahu segalanya”.

Google yang didirikan pada 4 September 1998 oleh Larry Page dan Segey Brin memang telah memiliki tampilan halaman awal yang sederhana. Tampilan bersih Google pada awal pertama kali beroperasi ini disebabkan karena kedua pendirinya tidak menguasai HTML. Selain itu, pendirinya juga menginginkan agar pengguna merasa lebih mudah dalam menggunakan Google. Yaitu cukup dengan menekan tombol Enter setelah mengetikkan kata kunci pencarian pada kolom yang tersedia.

Perkembangan tampilan halaman awal Google tidak mengalami perubahan signifikan dari awal beroperasi ditahun 1998. Tampilan awal Google kurang lebih sama seperti saat ini. Pada tahun 1998, fokus Google adalah mengembangkan dan memperbaiki error pada mesin pencariannya. Tulisan “Google” memiliki warna seperti sekarang. Yang membedakan adalah banyaknya link yang diletakkan di bawah kolom pencarian. Bahkan terdapat link berlangganan e-mail bagi pengunjung agar tak ketinggalan menerima berbagai informasi.

Pemangkasan link pada tampilan awal Google terus dilakukan setiap tahun. Pada tahun 1999, beberapa link dijadikan satu dan diletakkan di bawah kolom pencarian. Link tersebut mewakili semua link yang pernah ditampilkan pada tahun 1998.

Ditahun 2000, tampilan awal Google sedikit mengalami perubahan. Terutama pada tulisan “Google” yang bergeser ke sebelah kiri, dimana pada tahun-tahun sebelumnya tulisan tersebut berada di tengah. Permalink yang ada pada tahun 1999 kemudia dipecah menjadi menu Feed, About, dan Joobs Google. Namun perubahan ini tidak mengurangi fungsi Google sebagai mesin pencari.

Perubahan tampilan awal Google ditahun 2002 terlihat dari adanya beberapa fitur baru yang diluncurkan. Antara lain Google Answer, Search Solution hingga pemisahan kategori pencarian yang diletakkan di atas kolom pencarian. Pencarian dapat dilakukan pada kategori gambar, web, directory, dan news.

Tampilan awal Google ditahun 2002 bertahan hingga tahun 2005. Fitur seperti Language Tool berupa terjemahan Google ke berbagai bahasa serta advertising ditempatkan di bawah kolom pencarian.

Lalu, tampilan awal Google 2012 mengalami perubahan yang cukup signifikan. Tampilan yang lebih fresh terlihat dari kata “Google” pada gambar yang disebut sebagai “Google Doodle”. Penambahan fitur seperti penambahan akun Google yang dapat diakses melalui G-Mail. Layanan e-mail dari Google tersebut dapat digunakan untuk menikmati produk-produk dari Google. Permalink­ produk-produk Google ditempatkan pada pojok kiri atas. Produk tersebut antara lain G-Mail, Youtube, dan lain-lain.

Ditahun 2015, perubahan tampilan awal Google hanya terletak pada kata “Google” yang memiliki gambar dua dimensi dimana pada tahun-tahun sebelumnya tulisan tersebut berbentuk tiga dimensi. Tampilan yang ada saat ini dimulai pada tahun 2018. Permalink yang disebar membuat tampilan Google terasa sangat bersih. Menu login ke G-Mail terletak pada pojok kanan atas.

Meskipun mengalami beberapa kali perubahan tampilan awal Google, fungsi Google sebagai mesin pencari tidaklah berubah. Kemudahan dalam menggunakan Google sangat membantu bahkan untuk pengunjung yang baru pertama kali menggunakan Google.