Hindari Kesalahan Ini Agar Foto Produk Anda Tampil Memikat

Berkecimpung di dunia bisnis memang tidak pernah ada habisnya jika dibahas. Apalagi di era digital seperti sekarang. Banyak orang yang lebih memilih untuk berbelanja online daripada harus berkeliling mencari barang yang diinginkan dari satu toko ke toko yang lain. Ini merupakan kesempatan yang baik bagi Anda yang memiliki bisnis online.

Mendapatkan kepercayaan dan perhatian konsumen adalah hal utama yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan.

Biasanya, konsumen akan memilih dan menilai produk yang diinginkan melalui foto produk yang Anda tawarkan di e-commerce atau media sosial Anda. Untuk itu, penting bagi Anda memiliki foto produk yang baik untuk menarik minat konsumen. Anda bisa memotret foto produk sendiri atau menggunakan jasa foto produk. Tapi bagi Anda yang lebih memilih untuk memotret sendiri foto produk Anda, hindari kesalahan-kesalahan berikut agar foto produk Anda menjadi lebih menarik.

Menggunakan latar belakang foto yang terlalu mencolok

Pemilihan latar belakang untuk foto sangat penting dalam unsur fotografi apapun. Dalam memotret produk, gunakan latar belakang yang polos dengan warna putih yang akan membuat mata konsumen hanya tertuju pada produk yang Anda tawarkan. Jangan gunakan latar bermotif karena hasilnya foto produk menjadi tidak menarik.

Sudut pengambilan foto yang salah

Sudut pengambilan foto yang salah akan membuat konsumen mengalami salah persepsi. Kesalahan ini membuat beberapa detail produk yang akan terlewat untuk ditampilkan. Teknik pengambilan gambar dengan sudut yang benar akan membantu Anda menampilkan fitur produk secara maksimal. Setiap produk memiliki sudut pengambilan foto yang berbeda-beda. Contohnya untuk produk pakaian, sebaiknya foto diambil dari depan. Mengambil foto dengan sudut yang berbeda-beda bisa menjadi solusi untuk menghindari kesalahan ini. Usahakan produk Anda menampilkan sisi terbaiknya.

Pencahayaan yang buruk

Foto produk yang terlalu gelap atau terlalu terang membuat produk terlihat tidak menarik. Disarankan menggunakan cahaya alami yang bisa Anda dapatkan saat pagi atau saat sore hari untuk menghasilkan cahaya yang lembut. Jika terpaksa menggunakan cahaya buatan, aturlah cahaya tersebut agar tidak menghasilkan bayangan yang terlalu keras atau monoton.

Hasil foto produk yang buram

Kesalahan ini masih sering terjadi pada foto produk. Baik karena kualitas foto yang buruk maupun kesalahan saat pengambilan foto yang membuat objek menjadi tidak fokus. Beberapa cara untuk mengatasinya antara lain :

  • mengubah pengaturan kualitas foto menjadi yang terbaik
  • membersihkan lensa kamera
  • saat mengambil foto, usahakan fokus ada pada produk
  • gunakan tripod agar pengambilan gambar menjadi stabil
  • jangan menggunakan fitur zoom karena akan membuat kualitas foto menurun
  • periksalah kualitas foto sebelum mengunggahnya

Foto produk yang terbaik adalah yang dapat menampilkan fitur produk kepada konsumen meskipun produk tersebut belum ada di tangan konsumen. Hindari kesalahan di atas ya, agar foto produk Anda menarik minat konsumen !