Hindari Penggunaan Media Sosial Berlebihan ! Inilah Dampak Negatifnya

Media untuk berkomunikasi dengan dunia luar seperti media sosial tidak dapat dipungkiri semakin hari semakin diperlukan oleh banyak orang. Penggunanya memiliki masing-masing alasan mengapa menggunakan media sosial. Ada yang menggunakan media sosial hanya untuk berkomunikasi, ada juga yang menggunakan media sosial untuk hiburan, hingga pebisnis yang memanfaatkan media sosial sebagai media untuk mempromosikan bisnisnya https://www.sribu.com/id/cat/sosial-media-marketing .

Dibalik manfaat yang dapat dirasakan dari penggunaan media sosial, juga terdapat sisi negatifnya. Tentunya dampak negatif ini didapat karena penggunaan media sosial secara berlebihan.

Bukankah semua yang berlebihan itu memang tidak baik ?

Lalu, apa saja dampak negatif dari penggunaan media sosial yang berlebihan ?

  • Hubungan dengan orang di sekitar menjadi menurun

Media sosial sebenarnya adalah alat untuk berkomunikasi dan berbagi informasi. Dari komunikasi tersebut tentunya akan terbentuk hubungan sosial antar pengguna. Tetapi, penggunaan media sosial yang berlebihan membuat pengguna teralihkan perhatiannya pada layar gadget, sehingga tidak mempedulikan orang-orang di sekitarnya. Berapa banyak orang yang lebih memilih mengeluarkan smartphone kemudian merekam kecelakaan dan mengunggahnya ke media sosial masing-masing daripada membantu korban yang jelas-jelas membutuhkan pertolongan ?

  • Membuang-buang waktu

Tanpa sadar, penggunaan media sosial yang berlebihan akan mengakibatkan kita membuang waktu. Kita mungkin tidak lagi peduli berapa lama waktu yang kita habiskan untuk mengakses media sosial dan merasa asyik dengan dunia sendiri. Kecanduan media sosial juga akan menimbulkan rasa malas. Padahal daripada waktu tersebut terbuang percuma, kita bisa melakukan hal-hal yang lebih positif dan produktif. Mudah terpengaruh berita palsu

Media sosial adalah tempat berkumpulnya semua informasi. Termasuk informasi palsu yang dibuat untuk memengaruhi orang lain oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Informasi yang disampaikan pun dibuat sangat meyakinkan agar orang-orang percaya pada berita tersebut. Lalu ada juga informasi palsu yang dibuat untuk menyebarkan permusuhan antar indiudu maupun kelompok pada situasi tertentu. Oleh karena itu, bijaklah dalam mencerna informasi yang diperoleh dari media sosial sebelum menyebarkannya kepada orang lain, ya!

  • Memicu kasus kejahatan

Banyak kasus kejahatan yang terjadi akibat penggunaan media sosial. Seperti contohnya kasus pemerasan, kasus pembunuhan hingga kasus-kasus lain yang bermula dari unggahan di media sosial. Pelaku biasanya terpancing dengan apa yang diunggah korban, dan memanfaatkan situasi tersebut untuk melakukan tindak kejahatan.

Penjelasan di atas hanya beberapa gambaran dampak negatif dari penggunaan media sosial yang berlebihan dan tentunya masih banyak efek negatif lainnya. Untuk itu, mulai batasi penggunaan media sosial agar dampak negatif seperti yang telah dijelaskan di atas tidak memengaruhi hidup Anda.