Perhatikan Hal Ini Agar Anak Tidak Terluka Saat Bermain Di Rumah

Perhatikan Hal Ini Agar Anak Tidak Terluka Saat Bermain Di Rumah

Anak kecil identik dengan kegiatan bermain dimana pun, baik itu di dalam atau diluar rumah. Karena anak kecil cenderung aktif tingkahnya, maka mereka juga memiliki risiko yang tinggi juga untuk terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjatuh. Mungkin kamu sendiri memiliki anak atau adik yang masih kecil. Untuk itu kamu perlu mengawasinya dengan baik.

Untuk mengurangi potensi kecelakaan yang bisa terjadi di rumah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar si kecil tidak mengalami cidera terhadap benda-benda tertentu seperti benda lancip atau licin. Pada artikel ini akan membahas mengenai beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari hal-hal tersebut.

  • Buat area bermain menggunakan karpet

Lantai terkadang memiliki tekstur licin, apalagi dalam kondisi hujan, maka lantai akan menjadi lembab. Sehingga, kamu perlu membuatkan area bermain untuk si kecil. Kamu bisa memanfaatkan karpet karena karpet tidak memiliki efek licin. Selain itu, akan lebih aman bagi si kecil apabila ia terjatuh, maka benturannya tidak sekeras jika terjatuh langsung di lantai.

  • Tutup Sumber Listrik

Si kecil cenderung memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi. Tidak terkecuali ia akan penasaran dengan sumber listrik yang ada di rumah kamu, contohnya stop kontak. Kamu bisa menutupnya dengan penutup stop kontak agar aman bagi si kecil ketika mendekatinya.

  • Berikan pelindung pada setiap sudut barang yang lancip

Barang-barang yang ada di rumah seperti meja dan tangga memiliki bagian lancip pada setiap ujung sudutnya. Hal ini bisa melukai si kecil jika ia membenturnya. Dengan demikian, kamu harus memasang pelindung  agar sudut meja menjadi tumpul dan tidak membahayakan si kecil.

  • Pasang Pengaman Kompor

Si kecil yang begitu aktif juga memungkinkannya untuk bermain di area dapur. Untuk itu, kamu perlu mengamankan dapur seperti memasang pengaman kompor. Pengaman ini berupa sekat besi agar si kecil tidak bisa menjangkau tungku api pada kompor. Sebaiknya apabila kamu sedang masak, jangan tinggalkan dapur dengan keadaan kompor menyala ya untuk mengurangi potensi kecelakaan yang bisa terjadi.